Photobucket
DENGAN HORMAT, SEMUA BERITA DAN AKTIFITAS DI BLOG INI TELAH DIPINDAHKAN
  • Kunjungan perwakilan JICA ke Lab. ICT-EQEP SDN Keputran A
  • Upacara Pengetan Tanggap Warsa Kitha Ngayogyakarta Ingkang Kaping 256
  • Keterlibatan Pramuka SDN Keputran A dalam kegiatan PHBI Kecamatan Kraton
  • Perluasan pemanfaatan LAB ICT EQEP di kelas konvensional
  • Rekaman Radio Streaming di BTKP-DIY

Senin, 26 Mei 2008


PROFIL SEKOLAH SD NEGERI KEPUTRAN "A" YOGYAKARTA



I. LATAR BELAKANG

Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung di SD Keputran "A" Yogyakarta.


  1. Kondisi Siswa

    Perlu peningkatan mutu terselenggaranya pendidikan yang berkesinambungan di SD Keputran "A". Makin hari makin meningkat hasil pembelajaran dalam rangka pencapaian Visi dan Misi yang telah dicanangkan sebagai acuan kerjasama warga sekolah yang ikut mendukung terselengaranya pendidikan yang bermutu.


  1. Jumlah siswa

    Jumlah siswa yang cukup besar ( 546 anak ) menunjukkan bahwa perlunya sarana dan prasarana yang memadai.


  2. Kebutuhan dana

    Partisipasi masyarakat yang sangat besar ditunjukkan dengan kegigihan para pengurus komite sekolah dalam membantu penyelenggaraan pendidikan yang bermutu secara moral,spiritual serta dalam bentuk matrial.


VISI DAN MISI SEKOLAH


  1. VISI
    1. "Terwujudnya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, terampil, beretika luhur sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi"
    2. Beramal ilmiah berilmu amaliyah


  2. MISI
    1. Menanamkan keyakinan/akidah melalui pengalaman ajaran Agama
    2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan
    3. Mengembangkan pendidikan di bidang IPTEK, bahas, olah raga dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.
    4. Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan.


II. TUJUAN

Penyelenggaran pendidikan yang bermutu :

  1. Untuk menciptakan kinerja seluruh warga sekolah baik Kepala sekolah, Guru, karyawan dituntun untuk pengabdian dan loyalitas yang tinggi.
  2. Guru dapat lebih berkonsentrasi pada pelaksanaan KBM sehingga diharapkan hasil belajar meningkat.
  3. Guru dituntut untuk meningkatkan prestasi demi tercapainya hasil pendidikan yang bermutu tinggi.
  4. Mencapai Visi dan Misi SD N Keputran "A"


III. FAKTOR INTERNAL

A. Bidang Akademik.

  1. Identitas Sekolah

1. Nomor Induk Sekolah : -

2. Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 101046010020

3. NPSN : 20409478

4. Nama Sekolah : SD Keputran "A"

5. Status Sekolah : Negeri

6. Rombongan Sekolah : 18 kelas

7. Jumlah siswa : 546 anak

8. Alamat : Jl. Patehan Kidul No 8

9. Propinsi : D I Y

10. Kabupaten /Kota : Yogyakarta

11. Kecamatan : Kraton

12. Desa/Kelurahan : Patehan

13. Kode Pos : 55133

14. Nomor Telepon : (0274) 379397, 417292, 379397

B. Bidang Non Akademik

1. Kondisi geografi, kependudukan

NO

IDENTITAS SEKOLAH

1

Nama Sekolah

SD Keputran "A"

2

Status Sekolah

Negeri

3

Kelompok Sekolah

SD

4

Akreditasi

A

5

Ditetapkan tanggal Akreditasi

22 November 2008

6

Penerbit SK di Tanda Tangani Oleh

Badan Akreditasi Sekolah Nasional,

Kota Yogyakarta

7

Tahun Berdiri

Tahun 1970

8

Tahun Penegrian

Tahun 1970

9

Kegiatan Belajar Mengajar

Pagi Hari

10

Banguanan Sekolah

Milik Sendiri

11

Lokasi Sekolah

Perkotaan

12

Jarak Ke Pusat Kecamatan

1 km

13

Jarak Ke Pusat Otoda

2 km

14

Jarak Anak Ke Sekolah Terdekat

200 m

15

Jarak Anak Ke Sekolah Terjauh

10 km

16

Tranformasi

a. Berangkat Sendiri

80%

b. Diantar

20%

17

Terletak Pada Lintas

Perkotaan

18

Perjalanan Perubahan Sekolah

Sejak Semula Sampai Sekarang Status Negeri

19

Organisasi Penyelenggara

Pemerintah

20

Terdiri Dari Penduduk

Perkotaan



2, Kondisi gedung,Fasilitas sekolah, kebersihan dan keamanan sekolah


  1. Pergedungan

Gedung yang harus dikelola oleh SD Keputran "A" adalah :

a. Gedung Sekolah yang terdiri dari :

  • 18 ruang kelas
  • 1 ruang Kepala Sekolah dan TU
  • 1 ruang Guru
  • 1 ruang UKS
  • 2 ruang gudang
  • 1 ruang laboratorium IPA
  • 2 ruang Komputer

b. Rumah Dinas

c. Ruang Keterampilan

d. Ruang Perpustakaan

e. Ruang Mushola

f. Ruang Dapur

g. Ruang Kantin


2.2. Situasi dan Kondisi Gedung

Fasilitas sekolah dan kondisinya.

Kondisi gedung sekolah baik, setelah di renovasi dengan adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. Dengan adanya pengembangan pembangunan gedung sekolah maka fasilitas ruangan KBM dan kegiatan ekstra lainnya jadi terpenuhi .


  1. Situasi Kebersihan Lingkungan

Kondisi kebersihan lingkungan sekolah bersih dan tertib lebih-lebih setelah ada semboyan dari Bapak Walikota Yogyakarta yang tertera dalam " pin "Yang berbunyi " Yogyaku Bersih " Wujudkan Nyata dan Bersih Hijau !Yogyaku wujudkan nyata sekolah-sekolah lebih digalakkan untuk selalu menjaga kebersihan sehingga tercipta suasana nyaman sejuk anak kerasan.Bahkan seluruh masyarakat Yogyakarta dengan penuh pengertian dan penuh tanggung jawab untuk menjaga kebersihan,


  1. Situasi Keamanan Lingkungan

Kondisi dan situasi keamanan di SD Keputran "A" . Namun perlu senantiasa meningkatkan segala kewaspadaan untuk mengantisipasi agar kondisi dan situasi keamanan lingkungan sekolah dalam keadaan mantap, terkendali.


IV. FAKTOR EKSTERNAL

  1. Komunikasi SD dengan stik holder kita usahakan agar menghasilkan yang terbaik dengan cara :
    1. Selalu berembug dengan Komite Sekolah dan wali siswa jika akan menentukan kesepakatan bersama dengan segala kebijakan.
      1. Tidak melanggar peraturan yang telah ditentukan misalnya :
  • Menepati waktu kerja yang telah berlaku.
  • Menjalankan jadwal pelajaran secara tanggung jawab.
  • Selalu menjaga jiwa ketauladanan, kepemimpinan.
  1. Dengan mengumpulkan atau mohon kesempatan wali siswa untuk musyawarah untuk memperoleh mufakat untuk menunjang kemajuan anak.

    Contoh :

    Program penambahan kegiatan pembelajaran misalnya : Bahasa Inggris, Iqro, komputer, marching band, musik, karawitan. Yang sebelumnya belum ada maka menurut kesepakatan dengan wali siswa dapat diadakan dan dengan penuh pengertian wali siswa menyetujui demi keberlangsungan dan kelancaran pembelajaran tersebut.


  1. Selalu berkomunikasi dengan pengurus komite sekolah untuk menangani dan memprogramkan bersama tentang penggunaan dana yang diperoleh dari APBD yaitu BOS dan ( BOSN ). Disamping itu berupaya dalam penggalian dana yang dialamatkan kepada pengusaha, alumni, atau kepada para dermawan untuk penambahan dana yang dibutuhkan SD Keputran "A". walupun realisasi belum tentu dapat diharapkan, tetapi upaya tetap dilakukan dalam rangka mencapai keberhasilan pendidikan di sekolah kami. Namun program ini sebenarnya sudah lama dicanangkan sampai sekarang belum dapat dilaksanakan. Kendalanya, dengan adanya usaha pengadaan atau pengumpulan dana kiranya masih sulit dilaksanakan. Apabila segala dana untuk program pengembangan sekolah ini dapat terpenuhi, Insya Allah akan dapat berhasil semaksimal mungkin.






Web Versi CMS Balitbang