PROFIL SEKOLAH SD NEGERI KEPUTRAN "A" YOGYAKARTA
I. LATAR BELAKANG
Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung di SD Keputran "A" Yogyakarta.
- Kondisi Siswa
Perlu peningkatan mutu terselenggaranya pendidikan yang berkesinambungan di SD Keputran "A". Makin hari makin meningkat hasil pembelajaran dalam rangka pencapaian Visi dan Misi yang telah dicanangkan sebagai acuan kerjasama warga sekolah yang ikut mendukung terselengaranya pendidikan yang bermutu.
- Jumlah siswa
Jumlah siswa yang cukup besar ( 546 anak ) menunjukkan bahwa perlunya sarana dan prasarana yang memadai.
- Kebutuhan dana
Partisipasi masyarakat yang sangat besar ditunjukkan dengan kegigihan para pengurus komite sekolah dalam membantu penyelenggaraan pendidikan yang bermutu secara moral,spiritual serta dalam bentuk matrial.
VISI DAN MISI SEKOLAH
- VISI
- "Terwujudnya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, terampil, beretika luhur sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi"
- Beramal ilmiah berilmu amaliyah
- MISI
- Menanamkan keyakinan/akidah melalui pengalaman ajaran Agama
- Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan
- Mengembangkan pendidikan di bidang IPTEK, bahas, olah raga dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.
- Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan.
- Menanamkan keyakinan/akidah melalui pengalaman ajaran Agama
II. TUJUAN
Penyelenggaran pendidikan yang bermutu :
- Untuk menciptakan kinerja seluruh warga sekolah baik Kepala sekolah, Guru, karyawan dituntun untuk pengabdian dan loyalitas yang tinggi.
- Guru dapat lebih berkonsentrasi pada pelaksanaan KBM sehingga diharapkan hasil belajar meningkat.
- Guru dituntut untuk meningkatkan prestasi demi tercapainya hasil pendidikan yang bermutu tinggi.
- Mencapai Visi dan Misi SD N Keputran "A"
III. FAKTOR INTERNAL
A. Bidang Akademik.
- Identitas Sekolah
1. Nomor Induk Sekolah : -
2. Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 101046010020
3. NPSN : 20409478
4. Nama Sekolah : SD Keputran "A"
5. Status Sekolah : Negeri
6. Rombongan Sekolah : 18 kelas
7. Jumlah siswa : 546 anak
8. Alamat : Jl. Patehan Kidul No 8
9. Propinsi : D I Y
10. Kabupaten /Kota : Yogyakarta
11. Kecamatan : Kraton
12. Desa/Kelurahan : Patehan
13. Kode Pos : 55133
14. Nomor Telepon : (0274) 379397, 417292, 379397
B. Bidang Non Akademik
1. Kondisi geografi, kependudukan
NO | IDENTITAS SEKOLAH | |
1 | Nama Sekolah | SD Keputran "A" |
2 | Status Sekolah | Negeri |
3 | Kelompok Sekolah | SD |
4 | Akreditasi | A |
5 | Ditetapkan tanggal Akreditasi | 22 November 2008 |
6 | Penerbit SK di Tanda Tangani Oleh | Badan Akreditasi Sekolah Nasional, Kota Yogyakarta |
7 | Tahun Berdiri | Tahun 1970 |
8 | Tahun Penegrian | Tahun 1970 |
9 | Kegiatan Belajar Mengajar | Pagi Hari |
10 | Banguanan Sekolah | Milik Sendiri |
11 | Lokasi Sekolah | Perkotaan |
12 | Jarak Ke Pusat Kecamatan | 1 km |
13 | Jarak Ke Pusat Otoda | 2 km |
14 | Jarak Anak Ke Sekolah Terdekat | 200 m |
15 | Jarak Anak Ke Sekolah Terjauh | 10 km |
16 | Tranformasi | |
a. Berangkat Sendiri | 80% | |
b. Diantar | 20% | |
17 | Terletak Pada Lintas | Perkotaan |
18 | Perjalanan Perubahan Sekolah | Sejak Semula Sampai Sekarang Status Negeri |
19 | Organisasi Penyelenggara | Pemerintah |
20 | Terdiri Dari Penduduk | Perkotaan |
2, Kondisi gedung,Fasilitas sekolah, kebersihan dan keamanan sekolah
- Pergedungan
Gedung yang harus dikelola oleh SD Keputran "A" adalah :
a. Gedung Sekolah yang terdiri dari :
- 18 ruang kelas
- 1 ruang Kepala Sekolah dan TU
- 1 ruang Guru
- 1 ruang UKS
- 2 ruang gudang
- 1 ruang laboratorium IPA
- 2 ruang Komputer
b. Rumah Dinas
c. Ruang Keterampilan
d. Ruang Perpustakaan
e. Ruang Mushola
f. Ruang Dapur
g. Ruang Kantin
2.2. Situasi dan Kondisi Gedung
Fasilitas sekolah dan kondisinya.
Kondisi gedung sekolah baik, setelah di renovasi dengan adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. Dengan adanya pengembangan pembangunan gedung sekolah maka fasilitas ruangan KBM dan kegiatan ekstra lainnya jadi terpenuhi .
- Situasi Kebersihan Lingkungan
Kondisi kebersihan lingkungan sekolah bersih dan tertib lebih-lebih setelah ada semboyan dari Bapak Walikota Yogyakarta yang tertera dalam " pin "Yang berbunyi " Yogyaku Bersih " Wujudkan Nyata dan Bersih Hijau !Yogyaku wujudkan nyata sekolah-sekolah lebih digalakkan untuk selalu menjaga kebersihan sehingga tercipta suasana nyaman sejuk anak kerasan.Bahkan seluruh masyarakat Yogyakarta dengan penuh pengertian dan penuh tanggung jawab untuk menjaga kebersihan,
- Situasi Keamanan Lingkungan
Kondisi dan situasi keamanan di SD Keputran "A" . Namun perlu senantiasa meningkatkan segala kewaspadaan untuk mengantisipasi agar kondisi dan situasi keamanan lingkungan sekolah dalam keadaan mantap, terkendali.
IV. FAKTOR EKSTERNAL
- Komunikasi SD dengan stik holder kita usahakan agar menghasilkan yang terbaik dengan cara :
- Selalu berembug dengan Komite Sekolah dan wali siswa jika akan menentukan kesepakatan bersama dengan segala kebijakan.
- Tidak melanggar peraturan yang telah ditentukan misalnya :
- Tidak melanggar peraturan yang telah ditentukan misalnya :
- Menepati waktu kerja yang telah berlaku.
- Menjalankan jadwal pelajaran secara tanggung jawab.
- Selalu menjaga jiwa ketauladanan, kepemimpinan.
- Dengan mengumpulkan atau mohon kesempatan wali siswa untuk musyawarah untuk memperoleh mufakat untuk menunjang kemajuan anak.
Contoh :
Program penambahan kegiatan pembelajaran misalnya : Bahasa Inggris, Iqro, komputer, marching band, musik, karawitan. Yang sebelumnya belum ada maka menurut kesepakatan dengan wali siswa dapat diadakan dan dengan penuh pengertian wali siswa menyetujui demi keberlangsungan dan kelancaran pembelajaran tersebut.
- Selalu berkomunikasi dengan pengurus komite sekolah untuk menangani dan memprogramkan bersama tentang penggunaan dana yang diperoleh dari APBD yaitu BOS dan ( BOSN ). Disamping itu berupaya dalam penggalian dana yang dialamatkan kepada pengusaha, alumni, atau kepada para dermawan untuk penambahan dana yang dibutuhkan SD Keputran "A". walupun realisasi belum tentu dapat diharapkan, tetapi upaya tetap dilakukan dalam rangka mencapai keberhasilan pendidikan di sekolah kami. Namun program ini sebenarnya sudah lama dicanangkan sampai sekarang belum dapat dilaksanakan. Kendalanya, dengan adanya usaha pengadaan atau pengumpulan dana kiranya masih sulit dilaksanakan. Apabila segala dana untuk program pengembangan sekolah ini dapat terpenuhi, Insya Allah akan dapat berhasil semaksimal mungkin.